alt/text gambar
alt/text gambar
alt/text gambar

Minggu, 17 November 2013

10 Orang Sukses yang Memiliki Kepribadian Introvert

Introvert adalah karakter atau kepribadian yang lebih bersifat individu dimana orang tersebut lebih tertutup atau pendiam. Berbeda halnya dengan para ekstrovert yang menyukai keramaian, para introvert ini sering disebut sebagai seseorang yang pemalu dan suka menyendiri. Tapi apakah hal ini berpengaruh ke kesuksesan? 
Persepsi mengenai introvert sebagai seseorang yang pemalu dan suka menyendiri ini sebenarnya salah. Para ahli kepribadian introvert mengatakan bahwa seseorang yang introvert sebenarnya sama seperti orang ekstrovert, hanya saja ia tidak suka banyak berbicara dan sering membutuhkan waktunya sendiri. Berikut 10 orang sukses dan terkenal walaupun ia memiliki kepribadian introvert.
10.Courteney Cox
Courteney Cox
Artis wanita, produser dan direktur asal Amerika yang terkenal melalui actingnya di film-film terdahulu seperti Friends, Gale Weathers dan Scream ini mengatakan secara terang-terangan salah satu penyebab penceraiannya dengan David Arqutte, suaminya, adalah karena sifatnya yang introvert.
Ia mendeskripsikan suaminya sebagai seseorang yang senang berpergian dan ekstrovert, sedangkan dirinya sangatlah introvert, ia lebih menyukai dirinya di rumah saja. Walaupun begitu Courteney Cox merupakan salah satu artis yang pernah sangat terkenal di dunia melalui film-filmnya.
9. Laura Bush
Laura Bush
Istri dari presiden Amerika ke-43 dan merupakan mantan ibu negara Amerika ini menyebut dirinya sebagai seseorang yang introvert. Ia mengatakan dirinya benar-benar berbeda dari suaminya, Laura Bush mendeskripsikan dirinya sebagai seorang yang pendiam dan introvert sedangkan suaminya senang berbicara dan ekstrovert. Hal ini juga menunjukkan bahwa introvert dan ekstrovert dapat hidup berdampingan.
Laura Bush sendiri merupakan contoh dan bukti nyata bahwa introvert tidak sellau berarti pemalu. Dalam suatu penampilannya ia mengubah persepsi media yang mengatakan dirinya sebagai seseorang yang pemalu dan asing menjadi sesuatu yang benar-benar berbeda. Mereka mendeskripsikan Laura Bush sebagai pembicara yang sangat efektif.
8. Mahatma Gandhi
Mahatma Gandhi
Mahatma Gandhi adalah pemimpin nasionalisme India yang menghasilkan kemerdekaan India serta merupakan inspirasi dari pergerakaan hak dan kebebasan sipil di seluruh dunia. Gandhi sendiri adalah bukti positif yang benar-benar menunjukkan bahwa Anda tidak perlu menjadi seorang ekstrovert dalam memimpin orang-orang.
Seseorang dapat menjadi pemimpin yang efektif dalam sebuah cara yang introvert. Ia pernah mengatakan bahwa: "Dengan cara yang lembut, Anda dapat menggoyahkan dunia."
7. Christina Aguilera
Christina Aguilera
Christina Maria Aguilera atau singkatnya Christina Aguilera mungkin seorang bintang pop, produser lagu, penulis lagu dan artis yang terlihat sebagai seorang ekstrovert di panggung, tapi pada kehidupan nyatanya ia benar-benar berlawanan.
Gaby Wood yang mewawancari Christina untuk sebuah majalah mengatakan: "Jika bukan karena rambut pirangnya, saya tidak akan mengenalinya. Karena ia terlihat sebagai pemalu. Ia sendiri mengatakan bahwa kehidupanya selalu sangat introvert dan sebagai hasilnya, ia merasa ia bukan dirinya sendiri untuk sepanjang hidupnya." Walaupun begitu, ia menunjukkan keberhasilannya di dunia dengan menjadi salah satu bintang yang masuk dalam daftar panjang artis terbaik Hollywood.
6. J. K. Rowling
J K Rowling
Si pembuat atau penulis film dan novel ternama Harry Potter, yang juga telah menulis novel lain berjudul "The Cuckoo's Calling" sering disebut sebagai introvert. Uniknya, orang-orang introvert justru mendapatkan kreativitas mereka dari kesendirian mereka dibandingkan saat mereka dalam grup. Rowling sendiri mengakui bahwa ide Harry Potter ia dapatkan saat ia sedang jalan-jalan sendiri pada sebuah kereta yang tertunda dari Machester menuju London.
Ia menceritakan bahwa dirinya memang telah menulis sejak berumur 6 tahun, tapi ide Harry Potter itu merupakan ide yang tidak seperit lainnya. Pada saat ia mendapatkan ide tersebut, ia tidak punya pen untuk menulis dan ia juga terlalu malu untuk meminjamnya dari orang lain. Tapi hal ini justru menjadi keuntungan baginya, ia kemudian duduk dan memikirkan ide itu selama berjam-jam sembari menunggu kereta. Ide itu kemudian berubah menjadi sebuah novel ternama dunia.
5. Emma Watson
Emma Watson
Emma Watson, atau lebih dikenal dengan nama Hermione Granger dalam film Harry Potter mendapatkan poin lebih karena kepribadian introvertnya yang dikenal sebagai "wanita yang tidak suka berpesta".
Ia sendiri mengatakan bahwa banyak orang mengatakan dirinya sangat menarik karena jarang berpergian apalagi ke klub-klub. Ia mengatakan bahwa ia menyadari kepribadian introvertnya dan keputusan ini diambilnya secara alami sebagai bagian dari kepribadian tersebut. Dengan kepribadian introvertnya ini ia telah mendapatkan banyak sekali penghargaan dan telah memerankan banyak film selain film Harry Potter yang membesarkan namanya, ini menunjukkan bahwa introvert juga dapat menjadi bintang.
4. Abraham Lincoln
Abraham Lincoln
Pada awal sejarah perkembangan suatu negara, seseorang yang introvert lebih mudah dan lebih sering dihormati, hal ini terlihat dari presiden ke-16 Amerika yaitu Abraham Lincoln. Pada awal perkembangan negara Amerika, sangatlah dikenal yang namanya "Kebudayaan dari sebuah Karakter," yakni sebuah kebudayaan yang sangat menghargai tindakan baik khususnya jika tindakan tersebut dilakukan secara diam-diam.
Jadi dengan tetap menjadi seorang introvert namun memiliki kehormatan dan kepribadian yang baik, seseorang dapat sangat dihormati. Inilah yang dilakukan Abraham Lincoln. Abraham Lincoln dideskripsikan sebagai seorang presiden yang dapat "memerintah tanpa adanya superioritas." Memang itu semua terlihat di awal sejarah manusia, namun hal itu bukan berhati kebudayaan seperti ini telah hilang hanya saja berkurang.
3. Albert Einstein
Albert Einstein
Ahli teori fisika yang penemuan-penemuannya merupakan dasar dari ilmu pengetahuan modern sekarang ini menunjukkan bagaimana seseorang yang benar-benar introvert dapat dikenal dunia dan mencantumkan namanya di sejarah manusia, itulah Albert Einstein. Albert Einstein adalah ahli teori fisika asal Jerman yang sering sekali disebut sebagai seorang introvert. 
Seperti kebanyakan introvert lainnya, ia selalu melakukan pemikirannya sendiri, hingga ia sendiri mengatakan: "Suasana sepi dan monoton dari kehidupan yang tenang merupakan kunci dari pemikiran yang kreatif." Kalimat ini adalah salah satu ucapan mutiara dari Albert Einstein.
2. Warren Buffett
Warren Buffet
Warren Edward Buffett, adalah investor, triliuner dan dermawan asal Amerika yang kekayaanya pada tahun 2013 masuk sebagai orang ke-4 terkaya di dunia. Bagi Anda yang tidak tahu, Warren Buffett mendapatkan kekayaan dari kepemilikan saham dan jabatannya di Berkshire Hathaway. Berkshire Hathaway sendiri adalah perusahaan konglomerat multionasional yang berjalan dalam bidang investasi dan ansuransi, dimana beberapa investasinya ada di IBM, coca-cola, American Express dan banyak lainnya.
Warren Buffet sendiri dideskripsikan sebagai seseorang yang penuh dengan karakter introvert, hanya saja ia mampu memanfaatkan karakternya ini dengan sangat baik melalui ketekunan, pemikiran bijaksana dan tahu kapan ia harus bertindak. Kepribadian introvert inilah yang menjadi kelebihannya, di saat orang lain tidak dapat berpikir jernih, ia selalu berpikir dengan hati-hati. Buffet sendiri mengatakan: "untuk menjadi sukses dalam investasi, tidak ada hubungan dengan IQ, yang diperlukan adalah kepintaran umum dengan temperamen yang baik untuk mengaturnya."
1. Bill Gates
Bill Gates
Seorang penulis dan ahli kepribadian introvert, Susan Cain, mendeskripsikan co-founder dan chairman Microsoft, yakni Bill Gates ini sebagai seseorang yang introvert. Ia mengatakan seberapa tinggipun Bill Gates mengasah kemampuan sosialnya, ia tidak pernah akan menjadi Bill Clinton (politikus dan presiden Amerika ke-42) dan berlaku sebaliknya seberapa jauhpun Bill Clinton mengasah kemampuan komputernya, ia tidak pernah akan menjadi Bill Gates. Walaupun begitu, Bill Gates dapat menjadi orang terkaya ke-2 di dunia pada tahun 2013 ini.
Ia juga mengatakan bahwa Bill Gates adalah contoh seseorang yang introvert tapi bukanlah pemalu. Ia hanyalah seseorang yang tidak banyak berbicara dan suka membaca, tapi juga kokoh dengan kepribadiannya. Ia merupakan salah satu contoh terbaik bagaimana seorang introvert dapat mencapai kesuksesan yang luar biasa. Jika kita menyebut nama Microsoft maka Bill Gates dapat disebut sebagai lambang dari Microsoft.

0 komentar:

Posting Komentar

Sponsor