alt/text gambar
alt/text gambar
alt/text gambar

Minggu, 17 November 2013

10 Kegiatan Yang Paling Menghabiskan Waktu

Setiap kegiatan, tindakan, atau aktvitas kita tentu menghabiskan waktu. Tapi kegiatan seperti apa yang sebenarnya paling banyak menghabiskan waktu kita baik saat kerja atau saat beristirahat? Berikut 10 kegiatan yang paling menghabiskan waktu bahkan mungkin tanpa kita sadari.
1. Email
Email
Email sangatlah berguna dan mudah digunakan, baik untuk komunikasi maupun kebutuhan lainnya apalagi terkait kebutuhan kerja. Anda mungkin tidak mempercayai bahwa email adalah salah satu kegiatan yang paling menghabiskan waktu Anda, ini karena Anda mengeceknya sebentar, membalasnya dan kemudian menutupnya kembali. Semua waktu setiap kali Anda mengecek atau mengorganisir email Anda ini jika dikumpulkan mungkin dapat menghabiskan waktu 1-2 jam per harinya.
2. Bermain Game
Bermain Game
Beberapa dari Anda pasti telah memperkirakan aktivitas atau kegiatan ini masuk dalam daftar kegiatan yang paling menghabiskan waktu. Bermain game memang adalah salah satu kegiatan paling mengasyikkan, tapi ketahui juga berapa banyak waktu yang telah Anda habiskan. Jika tidak percaya, coba lihat total lamanya Anda bermain game dari save data pada game favorit Anda.
3. Surfing Internet (Browsing)
Browsing
Anda hanya sedang membaca satu buah artikel menarik di Internet, tidak lama kemudian tanpa ada sadari sudah ada 6 tab atau lebih di browser Anda. Jika Anda menanyakan kemana saja waktu Anda seharian ini, maka history browser Anda akan dapat memberitahukan Anda. Browsing adalah salah satu aktivitas paling menghabiskan waktu karena sebuah artikel atau video dapat muncul dari berbagai media Internet, dimulai dari video, artikel, hingga jejaring sosial.
4. Menonton TV atau Film
Watching TV
Tidak dapat dipungkiri bahwa menonton TV atau film merupakan salah satu kegiatan yang paling banyak menghabiskan waktu, bahkan mungkin merupakan pemenangnya. Umumnya, untuk satu buah film saja minimal berlangsung selama 1 jam, apalagi jika film itu adalah film bioskop yang diputar di TV maka dapat berlangsung hingga 2 jam. Setelah menonton film yang satu, Anda melihat ada film menarik lainnya dan 1 jam Anda terhabiskan lagi dan begitu seterusnya.
5. Sakit
Tidur Karena Sakit
Walaupun sakit tidak dapat dibilang sebagai salah satu kegiatan, namun jika Anda sakit maka Anda tidak dapat mengatakan apa-apa selain berusaha sembuh tanpa melakukan kegiatan yang berarti ini dapat memakan waktu lebih dari sehari bahkan berminggu-minggu. Oleh karena itu banyak orang mengatakan seberapa keras-pun Anda mengumpulkan uang, jika Anda sakit maka itu semua tidak berarti. Berusahalah menjaga kesehatan Anda.
6. Berada di Jalan
Commuting
Coba hitung perjalanan Anda bolak balik dari rumah Anda ke kantor atau ke tempat-tempat lainnya dan lihat apakah ada cara untuk mengurangi waktu Anda berada di jalan tersebut. Umumnya waktu berada di jalan adalah sekitar 15-30 menit, bolak balik berarti 30-60 menit. Tapi bagaimana jika macet? Khususnya di Jakarta dan Anda adalah seseorang yang naik mobil, Anda mungkin menghabiskan waktu hingga 2 jam berada di jalan selama 1 hari.
7. Komunikasi Personal
Facebook
Komunikasi personal dapat muncul dalam berbagai bentuk seperti yang kemungkinan besar dilakukan adalah melalui jejaring sosial dan chatting. Seberapa sering Anda membuka jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, GooglePlus dan seterusnya? Berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk chatting dengan teman-teman Anda? Jika kedua hal ini digabungkan maka kemungkinan besar Anda telah menghabiskan waktu sekitar 2-3 jam setiap hari.
8. Rapat (Meeting)
Rapat
Hampir semua artikel lain yang melakukan riset mengenai kegiatan apa yang paling menghabiskan waktu menyebutkan bahwa rapat atau meeting adalah salah satu kegiatan itu. Walaupun dengan tujuan kerja dan tidak dilakukan setiap hari jika Anda bukan top eksekutif perusahaan, rapat atau meeting tetap menghabiskan waktu. Anda tidak mungkin melakukan rapat yang hanya berjalan selama 15 menit, kemungkinan besar rapat tersebut berjalan selama 1 jam atau lebih.
9. Belanja
Shopping
Anda mungkin hanya belanja untuk kebutuhan kecil Anda seperti odol, sikat gigi, sabun dan sejenisnya, tapi sudah pernahkah Anda menghitung berapa lama waktu yang Anda habiskan dimulai dari berada di jalan hingga membeli semua kebutuhan Anda tersebut. Jika kebutuhan tersebut memang dapat didapatkan di toko terdekat maka pergilah ke toko tersebut tanpa perlu pergi ke toko familiar yang jauh.
10. Bersih-bersih
Bersih-Bersih
Percaya atau tidak, Rapi-rapi atau bersih-bersih dapat memakan waktu hingga setengah hari Anda. Apalagi jika Anda bertujuan untuk membersihkan rumah Anda yang besar, pertimbangkan untuk mempekerjakan pembantu jika rumah Anda terlalu besar untuk Anda bersihkan sendiri. Coba bandingkan berapa banyak waktu yang dapat Anda manfaatkan dengan memperkerjakan pembantu. Berusahalah untuk melakukan semuanya secara rapi dan bersih agar pada akhirnya Anda tidak perlu membersihkan apapun.
--
Tidak dapat dikatakan secara tepat kegiatan mana yang paling menghabiskan waktu karena semuanya bergantung dari pekerjaan, hobi, dan gaya hidup Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Sponsor